28 Agustus 2008

Jangan Abaikan Masalah Saat Muncul Pertama Kali

Fang Xiaoru adalah seorang pelajar ternama pada Dinasti Song, neo-Confucianism, juga seorang penulis pada awal Dinasti Ming. Ia amat terpelajar dan berbakat. Pada zaman Hongwu, dia mengabdi sebagai pengajar putra kaisar. Kemudian dia disumpah Pengadilan Negeri sebagai penasihat akademis Kaisar. Fang Xiaoru menulis sebuah artikel yang berjudul "Zhi Yu" yang menjelaskan secara harfiah, “hal-hal kecil dapat berubah menjadi bencana besar," yang mana menggunakan penyakit sebagai analogi untuk mengingatkan orang.
Di dalam artikel "Zhi Yu," diceritakan:”

Di Fuyang, ada seorang lelaki yang sehat dan kuat bernama Tuan Zheng. Kulitnya berwarna kemerahan dan tidak pernah terserang penyakit. Suatu hari, dia mendapatkan bercak merah sebutiran jagung di ibu jari kirinya. Dia menyangka telah sakit, maka dia bertanya-tanya kepada orang-orang. Orang-orang yang melihatnya menertawainya, dan mengatakan bahwa dia terlalu khawatir – itu hanyalah suatu goresan kecil. Tiga hari berlalu, bercak merah tumbuh jadi seukuran koin. Tuan Zheng gelisah dan bertanya-tanya ke sekelilingnya lagi. Orang-orang tetap menertawakannya. Tiga hari telah berlalu lagi, ibu jarinya telah membengkak sebesar 10 cm. Sakitnya tak tertahankan, seakan dicacah jarum, dan dia merasakan sakit di seluruh badannya.

Tuan Zheng amat khawatir dan pergi ke tabibr. Tabib itu memeriksanya dan amat terkejut, berkata, "Ini adalah penyakit aneh. Meskipun awalnya timbul di jarimu, tapi sebenarnya ini menyerang secara sistimatis. Nyawamu bisa bahaya kalau kamu tidak dirawat secepatnya. Seandainya diobati saat pertama kali muncul, kamu dapat sembuh hanya dalam sehari; bila telah berlangsung 3 hari maka perlu waktu 10 hari untuk sembuh. Sekarang telah berkembang hingga sedemikian rupa, maka perlu waktu 3 bulan untuk bisa sembuh. Apabila ketahuan pada hari pertama, maka hanya perlu tanaman, jika sudah lewat 3 hari maka perlu menggunakan obat. Apabila telah menjalar sampai ke hati, maka itu bukan lagi hanya masalah sebuah jari ataupun tangan. Apabila tidak diobati secara sistimatis, akan sangat sulit untuk melacak penyebarannya. Kalau tidak diobati secara lokal, juga akan sulit mencapai kesembuhan.
Tuan Zheng kemudian menuruti anjuran tabib itu. Dia minum ramuan tanaman dan juga mengoles obat. Tepat seperti yang diharapkan, dia menjadi jauh lebih baik setelah 2 bulan dan sembuh total dalam 3 bulan.

Fang Xiaoru menyimpulkan bahwa semua masalah besar berawal dari hal-hal kecil. Pada awalnya, penyakit tampak tidak parah dan tidak perlu diobati, namun akhirnya menjadi tidak terobati. Pada tahap awal, amat mudah disembuhkan, tapi kebanyakan orang mengabaikannya. Mereka menunggu sampai menjadi parah. Sehingga perlu waktu lama untuk mengobatinya, dan setelah melalui banyak usaha dan kekhawatiran, penyakit itu hanya dapat ditekan. Banyak orang seperti Tuan Zheng. Hanyalah ketika diketahui lebih awal, maka dapat diobati dengan mudah dan tuntas. Mungkin keadaan dapat menjadi parah, tetapi harapan masih ada. Hanya mereka yang tidak cepat tanggap atau yang mengabaikan keadaan awal, adalah yang harus benar-benar khawatir.

Artikel "Zhi Yu" sebenarnya menjelaskan sebuah konsep bahwa semua masalah timbul karena kita mengabaikan hal-hal kecil. Oleh karena itu kita perlu memperhatikan masalah-masalah kecil dan lebih tegas terhadap diri sendiri. Pada tahap awal kesalahan lebih mudah diperbaiki. Namun apabila dibiarkan berlarut-larut tanpa dikoreksi, maka akan sulit diperbaiki.

Artikel: Qing Yan, www.minghui.ca